track

https://soundcloud.com/zendy-violita-rukmana-zeviona97/track-7

Minggu, 01 Mei 2016

JAreku-jareMu



ABSTRAK
Hotel merupakan instrumen pendukung industri pariwisata yang saling berkaitan. Hotel sebagai penyedia jasa penginapan, makan dan minum serta jasa pelayanan lainnya bagi para tamu. Dalam perkembangannya, bisnis perhotelan menyebabkan timbulnya persaingan baik dari segi pelayanan, akomodasi, tarif kamar maupun restoran sebagai sarana pendukung hotel.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepuasan yang didapat tamu dari pelayanan yang diberikan oleh Paramita Hotel, serta mengetahui apakah pelayanan yang diberikan telah sesuai dengan yang diharapkan oleh tamu dan sejauh mana pelaksanaan yang dilakukan menimbulkan kepuasan dan perilaku positif tamu terhadap Hotel.
Penulis telah melakukan penelitian tentang kepuasan tamu dalam menggunakan jasa pelayanan dengan menggunakan metode Skala Likert, dengan menyebarkan kuesioner kepada 10 tamu yang datang sebagai responden, kemudian hasil dari perhitungan skala likert yang terdiri dari lima kriteria penentu dalam kualitas pelayanan yaitu Reliability (kehandalan), Responsiveness (cepat tanggap), Assurance (jaminan), Empathy (empati), Tangible (berwujud) dianalisis kedalam diagram kartesius yaitu diagram yang dibagi kedalam empat prioritas bagian.
Prioritas A adalah prioritas utama, prioritas B adalah prioritas untuk mempertahankan prestasi, prioritas C adalah prioritas rendah dan prioritas D adalah prioritas yang berlebihan.
Berdasarkan dari hasil penelitian yang dilakukan, dapat diketahui bahwa di kuadran A terdapat empat faktor yang mempengaruhi kepuasan tamu, pada kuadran B terdapat tiga faktor yang mempengaruhi kepuasan tamu, pada kuadran C terdapat dua faktor yang mempengaruhi kepuasan pengunjung, dan sisanya terdapat di kuadran D sebanyak tiga faktor yang mempengaruhi kepuasan pengunjung.
Walaupun pelaksanaan kegiatan pelayanan yang dilakukan sudah dapat dikatakan baik, namun pelayanannya perlu ditingkatkan lagi terutama pada faktor-faktor yang terletak pada kuadran A dan Kuadran C, sehingga pengunjung bisa mendapatkan kepuasan yang lebih baik lagi.
Berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan hasil penilaian responden terhadap kinerja kualitas pelayanan pada Hotel Paramita, maka tamu paling banyak merasakan nilai kepuasan yang tinggi pada saat mereka masuk ke dalam kamar Hotel. Dilihat dari penilaian kualitas pelayanan dan fasilitas memiliki nilai tinggi diantara yang lain.


Kata Kunci : Kualitas, Pelayanan, Persaingan harga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar